Senin, 25 Juni 2012

Jangan Mencela Makanan ...

Ketika kita disuguhi makanan oleh seseorang terkadang terlontar dari mulut kita kata yang bernada mencela makanan yang sedang kita cicipi tersebut. Kita tidak sadar bahwa hal itu akan menyakiti orang yang memberikan atau memasak makanan.

Abu Hurairah ra pernah berkata bahwa Rasulullah saw tidak pernah mencela selamanya. Jika ia suka dengan makanan itu maka dimakannya dan sebaliknya jika beliau tidak menyukainya maka ditinggalkannya (HR. Bukhari dan Muslim).

Bahkan Rasulullah saw sangat sering sekali memuji makanan yang disajikan kepada beliau walaupun sebenarnya tidak beliau suka atau tidak enak.

Sebuah riwayat yang disampaikan dari Jabir ra yang mengisahkan ketika Raulullah saw menanyakan tentang lauk-pauk yang akan disediakan kepada keluarganya, maka keluarganya menjawab bahwa tidak ada lauk pauk kecuali cuka. Maka Rasulullah saw minta cuka untuk imakan dengan roti yang dihidangkan kepada beliau, sambil bersabda: Sebaik-baiknya lauk pauk ialah cuka, sebaiknya lauk adalah cuka�.

Demikianlah beliau memuji apa yang dihidangkan kepada beliau.
Lantas bagaimana dengan kita, yang terkadang jangankan hanya diberi cuka, diberi ikan terus-menerus saja sudah mengeluh...
Kok ikan-ikan melulu,... padahal ikan ikan itu jauh lebih nikmat dari pada cuka.
Seyogyanyalah kita dapat meniru sikap Rasulullah ini yang tidak pernah mencela makanan yang dimakannya dan selalu memujinya. Apalagi makanan tersebut disediakan oleh istri tercinta...  ;P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar